Postingan

PROSEDUR STANDAR DALAM MENYELESAIKAN PERSOALAN KOMPUTASI

  Berpikir merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk tujuan memecahkan sesuatu masalah yang dihadapi. Istilah umumnya think for problem solving. Yaitu berpikir untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Kemampuan berpikir untuk menghasilkan ide-ide kreatif saat ini sangat dibutuhkan oleh siswa. Kemampuan berpikir ini erat kaitannya dengan tingkat literasi digital siswa, sehingga siswa di kemudian hari dituntut untuk memiliki kemampuan analisis tinggi. Oleh sebab itu dibutuhkan konsep berpikir secara komputasi, yang dapat membantu siswa untuk menganalisa suatu permasalahan yang sangat kompleks. Berpikir komputasi computational thinking digaungkan oleh Seymour Papert (1980) dalam bukunya yang berjudul Mindstorm. Berpikir komputasional bukan berarti berpikir seperti komputer. Seymour Papert berfokus pada dua aspek komputasi: pertama, bagaimana menggunakan komputasi untuk menciptakan pengetahuan baru, dan kedua, bagaimana menggunakan komputer untuk meningkatkan pemikiran dan perubahan...

RUANG LINGKUP INFORMATIKA

  Informatika  ( Inggris :  Informatics ) merupakan disiplin ilmu komputer yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. [1]  Disiplin ilmu ini mencakup beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya:  sistem informasi ,  ilmu komputer ,  ilmu informasi ,  teknik komputer  dan aplikasi informasi dalam  sistem informasi manajemen . Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi. [2] [3]  Aspek dari informatika lebih luas dari sekadar  sistem informasi berbasis komputer  saja, tetapi masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer.

KOMPUTASI DAN RUANG LINGKUPNYA

  Ruang lingkup teknik informatika Sistem informasi, memberikan pengetahuan dan pengertian dasar tentang konsep dan kerangka sistem informasi, metodologi dan teknik perancangan, pengembangan, pengetesan dan pemeliharaan sistem perangkat lunak b. Rekayasa Perangkat Lunak, materi yang dipelajari dalam bidang ini adalah Analisa dan Desain Obyek, Penyempurnaan Proses Rekayasa, Inspeksi Perangkat Lunak, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Basis Data Client Server. c. Pemrograman dan Komputasi, memberikan pengetahuan dan kemampuan menganalisis permasalahan dalam ruang lingkup Komputasi, Komputasi Paralel, Sistem Terdistribusi, Teknologi Antar Jaringan. d. Arsitektur dan Jaringan Komputer, materi yang dipelajari dalam bidang ini adalah Arsitektur Komputer, Organisasi Komputer, Elektronika, Sistem Digital, Sistem Mikroprosesor, Jaringan Komputer dll. 2. Pengertian ilmu budaya dasar menurut 5 tokoh LEWIS Sosial adalah sesuatu yang dicapai, dihasilkan dan ditetapkan dalam interaksi sehari-...

Pengembangan artefak komputasional

 Potensi ancaman keamanan yang teridentifikasi berdasarkan infrastruktur jaringan di dalam organisasi tersebut, antara lain: • Potensi ancaman keamanan jaringan yang terhubung ke Internet dapat dikurangi dengan menggunakan firewall maupun melakukan filtering. • Koneksi nirkabel yang dipakai untuk sub jaringan dapat menjadi celah keamanan sistem, karena LAN nirkabel dapat digunakan oleh perangkat mobile seperti smartphone atau perangkat nirkabel lainnya. • Penggunaan perangkat/komponen sistem secara illegal oleh user dapat meningkatkan potensi ancaman terhadap komponen tersebut maupun keseluruhan sistem. • Penggunaan media penyimpanan eksternal oleh user dapat memperbesar kemungkinan terkena malware, program yang berbahaya, atau program yang tidak diinginkan. Untuk mengurangi potensi ancaman keamanan dari penggunaan infrastruktur oleh masing-masing aktor atau pengguna, ditentukan kontrol dari komponen arsitektur berdasarkan katalog kontrol yang telah disediakan OSA.

MEDIA SOASIAL DAN RUANG LINGKUPNYA

 Maraknya perkembangan teknologi internet saat  ini, menyebabkan hampir seluruh masyarakat  memanfaatkannya dalam berbagai macam kegiatan  untuk mencari informasi ataupun menyebarkan  informasi kepada seluruh khalayak masyarakat.  Perkembangan tersebut mencakup hampir seluruh  sendi kehidupan saat ini, dapat dinikmati melalui  internet. Internet sudah mampu menggantikan  media massa konvensional seperti, televisi, radio  maupun media cetak seperti koran, majalah dan  sejenisnya. Perpaduan teknologi teks, suara, gambar  yang menjadi hidup karena dapat terjadi secara  interaktif, menjadikan internet menjadi media  yang sangat unggul saat ini. Perkembangan media  massa konvensional menjadi media massa digital  atau “media sosial” saat ini tidak terlepas dari  pemkembangan teknologi internet itu sendiri. Media  sosial merupakan media online, dimana pengguna  media ini dapat berpartisipasi secara i...

bagian-bagian, jenis, dan cara kerja komputer, serta bgm komputer digunakan sebagai hasil industri canggih baik bidang perdagangan, pendidikan, industri, dan bioteknology

 Bagian-Bagian Komputer   Komputer terdiri atas dua komponen utama yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras  (hardware). Berikut penjelasannya. a. Perangkat keras (hardware) Perangkat keras terdiri atas sebagai berikut.  1) Pemroses (CPU) sebagai unit yang mengolah data. 2) Memori (RAM) sebagai tempat menyimpan data sementara                            3) Harddisk sebagai media penyimpanan semi permanen. 4) Perangkat masukan (input device) sebagai media yang  digunakan untuk memasukkan data untuk diproses seperti  mouse, keyboard, dan tablet. 5) Perangkat keluaran (output device) sebagai media yang  digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan  CPU seperti monitor, sepiker, plotter, proyektor, dan  printer. b. Perangkat lunak (software) Perangkat lunak terdiri atas sebagai berikut. 1) Sistem operasi Program dasar pada komputer yang menghubungkan  p...

Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa

 Sejarah Perkembangan Komputer   Komputer yang kita gunakan saat ini tidak luput dari evolusi atau perkembangan dari masa lalu.  Secara menyeluruh komputer dibagi menjadi lima generasi, yaitu sebagai berikut. a. Komputer generasi I (1946–1959) menggunakan tabung vakum   Perangkat komputer yang pertama kali dikembangkan  adalah komputer untuk desain pesawat dan peluru kendali.  Ilmuwan yang menggagas konsep pengembangan tersebut  adalah Konrad Zuse, seorang Insinyur asal Jerman. Kemudian  pada pertengahan 1940-an, komputer tersebut mengalami  perkembangan lebih lanjut yang dilakukan oleh John von  Neuman. Selain itu, terdapat juga komputer yang diberi  nama ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama  di dunia yang memiliki bobot seberat 30 ton, panjang 30 m,  tinggi 2.4 m, membutuhkan daya listrik 174 kilowatts. Komputer generasi ini menggunakan tabung  hampa udara (vacum-tube) yang terbuat dari kaca untuk pengu...